[ TUTORIAL SAP ] SAP ABAP Programming for beginner Part 1

Assalamualaikum Wr. Wb. Setelah lama tidak membuka blog, sekarang saya akan membuka kembali blog saya yang sudah hampir 2 tahun mati. Untuk pos awal yang akan saya bagikan yaitu mengenai sistem yang digunakan ditempat saya kerja yakni SAP. Sudah banyak yang mendengar SAP System??. Oke untuk yang sudah mengerti mungkin bisa langsung skip saja. Hehehe!  . Untuk yang belum mengerti saya akan jelaskan sedikit megenai SAP. SAP singkatan dari System Application Product merupakan system ERP yang digunakan pada perusahaan-perusahaan untuk mengatur proses dari barang produksi hingga barang dijual kepada customer. Mulai dari pembuatan, pembayaran hingga barang dikirim kepada supplier tercover oleh SAP. SAP sendiri merupakan program buatan dari German, sehingga bahasa yang digunakan agak sedikit aneh kalo menurut saya. Hehehe. Di SAP sendiri ada beberapa bagian, yaitu PP (Product Planning), MM (Material Management), SD (Sales and Distribution), FI (Finance), CO (Controlling), dan untuk Support ada PM (Plant Maintenance), Basis dan Abap. Nah saya sendiri ada pada bagian Abap. Apa tuh Abap??  . Abap singkatan dari Advance Bussiness Application Programming. Merupakan bagian di SAP yang berguna untuk membuat customize report. Yupp  , bagian yang bikin laporan-laporan. Saya sendiri baru mengenal SAP saat saya bekerja ditempat saya ini. Disini saya akan sharing pengetahuan tentang apa yang saya tahu mengenai SAP bagian Abap. Untuk postingan pertama saya mengenai SAP saya akan perkenalkan SAP yang digunakan ditemat saya bekerja.
Untuk page Login ke SAP.

 Pada SAP terdapat beberapa Client. Yaitu Development, QAS, dan Production. Saya biasa login menggunakan Development, untuk membuat customize report. Seperti gambar dibawah ini.

Nah setelah login akan muncul halaman utama SAP.

Nah untuk perkenalan SAP cukup sampai disini dulu ya guys  . Nanti saya lanjutkan untuk posting mengenai Abap. Terima kasih sudah menyempatkan membaca postingan sederhana saya. Assalamualaikum Wr. Wb. 
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment