Skip to main content

Posts

ABAP Overview SAP R/3 For Beginner Part 4

Assalamualaikum Wr. Wb. Dengan saya lagi, kali ini saya akan memposting pengetahuan tentang SAP part 4. Membuat selection-screen atau yang dinamakan dengan field inputan. Sudah kebayang belum bagaimana? Lihat gambar dibawah ini.
Dari gambar diatas merupakan contoh selection screen dengan banyak inputan. Nah kali ini saya akan memposting cara membuat selection screen dengan 3 inputan. Pertama buka SAP diclient DEV. Kemudian masuk ke tcode SE38. Lalu buat report baru dengan nama ztest_selection. Setelah dibuat tulis koding seperti gambar dibawah ini.
Disini saya menggunakan ztest_mri32. Penjelasan dari gambar.

Tables. Merupakan deklarasi table yang akan diguanakan pada selection screen. Disini sata menggunakan tabel VBRP untuk membuat selection screen.selection-screen begin of block div with frame title text-000.....selection-screen end of block div. Merupakan koding untuk membuat frame dengan keterangan seperti pada gambar pertama.Merupakan inputan field yang akan kita buat. Disini saya…
Recent posts

ABAP Overview SAP R/3 For Beginner Part 3

Assalamualaikum Wr. Wb. Sudah 2 hari sejak saya posting masalah SAP Abaper. hehehe. Kali ini saya akan meneruskan untuk kembali memposting tentang tutorial SAP Abap. Kali ini saya akan membuat tutorial menampilkan "Hello World" pada SAP menggunakan abap editor. Ok deh langsung saja guys.

Silahkan kalian login ke client development kalian. Kalian ketikkan tcode se38 (Lihat gambar dibawah) Setelah masuk ke abap editor, kalian buat nama program yang akan kalian buat. Awali nama program kalian dengan "z", atau "y". Agar tidak crash dengan program bawaan SAP.Contoh disini saya menggunakan nama ztest_mri32, kemudian klik Create. Perhatikan gambar. Setelah klik create, maka akan muncul dialog box, isikan judul program pada kolom Title, lalu pada field attribute type pilih executable program kemudian save. (Perhatikan gambar) Setelah klik save, maka akan muncul dialog box selanjutnya,untuk menentukan package untuk program kita. Karena kita program baru, kita simpan p…

ABAP Overview SAP R/3 For Beginner Part 2

Assalamualaikum Wr. Wb. Siang ini saya akan melanjutkan kembali untuk memposting Abap overview SAP R/3 part 2. Setelah kemarin saya sudah menjelaskan sedikit tentang apa itu SAP . Sekarang saya akan mejelaskan apa saja yang akan digunakan dalam membuat customize report.

Transaction Code (Tcode)SmartformSmartstyleAlv Report  Apa itu tcode?   Tcode atau transaction code merupakan kode-kode yang digunakan untuk memanggil sebuah menu untuk dapat melakukan transaksi. Tcode disini bila diumpamakan seperti menu-menu dalam program. Semisal pada microsoft word, ada menu file, edit, view. Nah di SAP juga seperti itu, tcode seperti menu-menu. Nah untuk Abap sendiri tcode yang sering digunakan adalah yang pasti

SE38 (Abap Editor)SE16N (Table View)SMARTFORMS (Form Builder)SMARTSTYLES (Styles Builder)SE80 (Object navigator)SE93 (Maintain Transaction)  Terlihat membingungkan ya.   Tidak juga kok. Kalau sekilas memang sepertinya susah tapi kalau sudah tau alurnya pasti terasa biasa saja.


Smartforms. …

ABAP Overview SAP R/3 For Beginner Part 1

Assalamualaikum Wr. Wb. Setelah lama tidak membuka blog, sekarang saya akan membuka kembali blog saya yang sudah hampir 2 tahun mati. Untuk pos awal yang akan saya bagikan yaitu mengenai sistem yang digunakan ditempat saya kerja yakni SAP. Sudah banyak yang mendengar SAP System??. Oke untuk yang sudah mengerti mungkin bisa langsung skip saja. Hehehe!  . Untuk yang belum mengerti saya akan jelaskan sedikit megenai SAP. SAP singkatan dari System Application Product merupakan system ERP yang digunakan pada perusahaan-perusahaan untuk mengatur proses dari barang produksi hingga barang dijual kepada customer. Mulai dari pembuatan, pembayaran hingga barang dikirim kepada supplier tercover oleh SAP. SAP sendiri merupakan program buatan dari German, sehingga bahasa yang digunakan agak sedikit aneh kalo menurut saya. Hehehe. Di SAP sendiri ada beberapa bagian, yaitu PP (Product Planning), MM (Material Management), SD (Sales and Distribution), FI (Finance), CO (Controlling), dan untuk Support …

Template Website Ala BLOG KANG ISMET

Assalamualaikum sobat blogger. Siang gini enaknya ngapain ya?? :)
Eh,  iseng-iseng ane mau berbagi template website,  bagi yang suka bikin website. Template ini ane dapet inspirasi dari blog kang Ismet. Master blog yang udah dikenal dikalangan blogger. Ya mungkin memang g  sebagus punya kang ismet  karena  ane juga baru  newbie.

Fasilitas yang ada :
1. Tombol back To top dengan efek bounce
2. Ada notifikasi
3. Dilengkapi jquery lightbox

Screen shotnya seperti ini :







DEMO
Download

Terima  kasih

Menentukan Karakter dari Kode ASCII

Nah, kali ini kebalikan dari Mencari Kode ASCII suatu karakter Tapi sebaliknya. Menentukan karakter dari kode ASCII. Langsung aja deh

Jika kita ada kode ASCII 97, apa karakter yang akan muncul, kalau 97 pasti " a ", lalu kalau 65, pasti " A ". Untuk memudahkannya, kalian pake koding ini saja :

<html> <head> <title>As</title> <style> form {     width:20%;     background-color:#eee;     border-radius:3px;     height:auto;     margin:0 auto;     text-align:center;     padding:10px; } input[type=submit]{     width:100px;     height:auto;     padding:4px;     background:#ddd;     color:#333; } </style> </head> <body> <form action="" method="post"> <h3>Mencari karakter dari Kode ASCII</h3> <input type="text" name="sub" /> <br /> <input type="submit" name="as" value="Coba"/> <br /> <?php if(isset($_POST['as&#…

Mencari Kode ASCII suatu karakter

Assalamualaikum sobat, kali ini aku mau berbagi, cara Mencari Kode ASCII suatu karakter. Bagi yang anak Inforrmatika, pasti tau apa yang namanya kode ASCII. Oke deh langsung aja ga banyak bicara. Hehehe :v

Untuk menentukan kode ASCII dari sebuah karakter, fungsi yang kita butuhkan adalah fungsi ord(), fungsi untuk mengubah karakter ke kode ASCII. Semisal aku punya karakter " a ", berapakah kode ASCIInya??
Langsung aja dibuat :
<?php $kalimatku = "a"; echo ord($kalimatku); ?>

Lalu hasilnya adalah 97. Bagaimana kalau karakter " A ", apakah beda?
Jelas berbeda, karena ASCII semua bilangan dan karakter memiliki kode ASCII berbeda-beda. Biar lebih gampang, bikin yang seperti ini saja :

<html> <head> <title>As</title> <style> form {     width:20%;     background-color:#eee;     border-radius:3px;     height:auto;     margin:0 auto;     text-align:center;     padding:10px; } input[type=submit]{     width:100px;     height:auto…