[ TUTORIAL SAP ] Cara membuat search help di SAP dengan ABAP

Assalamualaikum Wr. Wb. Kembali lagi dengan saya guys, kali ini saya akan share Cara membuat search help di SAP dengan ABAP. Pertama saya akan menjelaskan apa itu search help. Jika kalian menempatkan kursor pada menu inputan di SAP dan disisi kanan ada kotak kecil berwarna putih, dan apabila di klik akan mengeluarkan suatu data tertentu. Nah itu yang dinamakan search help. Seperti pada gambar ini.



Yap, sekarang kita akan coba buat search help. Pertama kalian buka program kalian, kemudian kalian buat syntax TABLES pa0001. Kemudian kalian buat SELECT-OPTION seperti pada gambar dibawah ini.


Jika sudah, kalian definisikan internal tabel untuk search help kalian. Kalian bisa menggunakan structure atau mau define structure sendiri dalam program kalian, Disini saya contohkan define structure sendiri dalam porgram. Setelah kalian buat structure, kalian definisikan internal tabel dan work area. Lihat gambar.


Jangan lupa syntax AT SELECTION-SCREEN ON VALUE-REQUEST FOR s_pernr-low. Jika sudah kalian save dan activate. Coba kalian run program kalian. Maka akan keluar kotak kecil putih saat kalian mengarahkan kursor pada inputan field kalian.

Sekarang kita buat syntax search helpnya. Disini saya menggunakan function module bawaan SAP untuk membuat search help. Pasri kalian bertanya, apa itu function Module. Yaah itu bisa sejenis script untuk memudahkan kita mengkoding di SAP. Oke langsung saja.
Kalian buat query select terlebih dahulu untuk mengambil data yang akan ditampilkan di search help kemudian kalian panggil Function Module (FM) untuk membuat search help. Lihat gambar.


Jika sudah kalian save dan activate. Jalankan programnya. Maka search help kalian akan muncul.


Bagaimana, mudah bukan?. Mudah belajar SAP ABAP bareng saya. Hehehe. Untuk selanjutya kalian modifikasi sesuai keperluan kalian. Sampai disini dulu postingan saya. Sampai bertemu dengan postingan saya selanjutnya. Keep spirit, keep smile, keep trying, keep pray. Good Bye.
Assalamualaikum Wr, Wb


Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment