[ TUTORIAL SAP ] Cara menambahkan menu pada PF-STATUS di SAP

Assalamualaikum Wr. Wb. Kesempatan kali ini saya akan membuat postingan mengenai Cara menambahkan menu pada PF-STATUS di SAP. Setelah postingan saya yang kemarin, [ TUTORIAL SAP ] Cara membuat PF-STATUS pada screen di SAP. Kali ini saya akan kasih tau bagaimana cara menambahkan menu pada PF-STATUS di SAP. Yuk langsung disimak saja.

Pertama kalian masuk diprogram kalian. Kemudian kalian cari module yang menandakan pf-status yang kalian buat kemarin. Dobel klik pada syntax SET PF-STATUS 'STATUS_001[. Lihat gambar.



Jika sudah kalian dobel klik maka akan muncul jendela maintain status., Lihat gambar.


Kemudian kalian expand pada Function Keys. Dan define menu yang ingin kalian tambahkan. Contoh disini saya mau menambahkan menu Execute. Maka saya akan define menu tersebut di shortkey F8. Lihat gambar.


Setelah kalian define menu kalian, kalian dobel klik menu tersebut untuk membuat menunya. Lihat gambar.






Jika sudah seperti gambar diatas maka tugas kalian adalah menaruh menu tersebut di application toolbar. Lihat gambar.


Jika sudah seperti gambar, tinggal kalian save dan activate. Kemudian kalian run program kalian. Pasti sudah muncul menu buatan kalian.



Sekarang kita cek apakah menu kita sudah bisa digunakan atau belum. Tambahkan syntax sesuai pada gambar dibawah ini. Lihat gambar. Save dan activate.


Kemudian jalankan dan lihat hasilnya. Menarik bukan? Selanjutnya kalian kembangkan sendiri dengan keperluan kalian semua. Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Saya pamit dulu, Keep spirit, Keep smile, keep trying, keep pray  and Good bye.
Assalamualaikum Wr. Wb


Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment