[ TUTORIAL SAP ] Cara membuat structure di SAP

Assalamualaikum Wr. Wb. Hai guys, hari ini saya semangat sekali hingga bisa posting 3 post dalam sehari. Ya hitung-hitung buat ngilangin kekesalan setelah dua kali ditolak saat daftar akun adsense. Huuft. Jadi g bisa cari uang dari internet deh. Oke lupakan hal itu, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat structure di SAP. Apa itu structure? Langsung saja disimak guys.

Pertama kalian login di SAP. Kemudian masukkan tcode SE11 kemudian Enter. Setelah masuk pada tcode SE11, kalian pilih radiobutton Data type. Lihat gambar.


Masukkan nama structure yang akan kita buat dengan awalan Z atau Y. Misal kita mau buat zlatihan. Maka kalian ketikkan zlatihan kemudian create. Lihat gambar


Kemudian kalian masukkan nama fieldnya dan tipe datanya. Kalian bisa menggunakan field bawaan SAP atau kalian define sendiri. Disini saya contohkan field bawaan SAP. Jika sudah save di local object dan activate. Lihat gambar.




Jika sukses sekarang kita buat sebuah internal tabel dari structure tsb. Masuk ke program zhello. Kemudian kalian buat syntax seperti gambar dibawah ini. Save dan activate.


Jika sudah kalian run. Jilka keluar data sesuai dengan structure yang kita buat, maka kalian telah berhasil membuat structure di SAP. Jika tidak keluar, mungkin ada yang salah, apakah itu dari querynya, atau dari tabel yang diambil yang kosong.


Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan ditanyakan dikolom komentar ya guys. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa keep smile, keep spirit, keep trying, keep pray. Good Bye. Assalamualaikum Wr. Wb.


Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment