[ TUTORIAL SAP ] SAP ABAP Programming for beginner Part 5

Assalamualaikum Wr. Wb. Setelah lama sekali tidak posting karena urusan pekerjaan, kali ini saya akan posting kembali tutorial sap mengenai "How to make internal table in abap" atau bagaimana sih buat internal tabel di SAP. Yuk kita bahas bersama.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke SAP. ( Wajib ). Kemudian langsung masuk ke Abap editor. Buat program dengan nama Z* ( Terserah kalian mau kasih nama apa. Disini saya membuat dengan nama ZHELLO dan mungkin nama program ini  akan saya buat terus untuk tutorial selanjutnya. Nah setelah kalian buat nama programnya langsung kita bahas bagaimana kodingnya.

1. Definisikan dahulu nama internal tabelnya. Disini saya mau membuat internal tabel dari PO Item, yaitu tabel EKPO. Disini saya tidak mengambil seluruh field yang ada di tabel ekpo, jadi saya deklarasi dulu seperti gambar dibawah ini.


Setelah dideklarasi kan field-field yang akan diambil datanya, deklarasi internal tabelnya seperti ini


Jangan lupa, jika kalian deklarasi fieldnya menggunakan types: begin of, maka deklarasikan juga work areanya. Seperti gambar diatas.

Nah internal tabel sudah terbuat.

2. Sekarang kita ambil data dari databasenya. Lakukan seperti gambar dibawah ini.


Nah kita sudah dapatkan datanya. Sekarang coba kita tampilkan datanya. Lakukan seperti gambar dibawah ini.
Kemudian jangan lupa activate dan Execute. Jika database ada data maka akan muncul seperti ini.

Yaaps selamat kalian sudah bisa menampilkan data dari database menggunakan internal tabel buatan kalian sendiri. Cukup mudah bukan. Silahkan dicustomisasi sesuai imajinasi kalian.

Tetap berusaha keep spirit keep trying keep smile and keep read my blog. Jangan lupa komen dan share jika kalian suka dengan konten saya ini. Saya pamit dulu.

Assalamualaikum Wr. Wb.


Kunjungi channel saya juga : Channel Youtube jangan lupa share subcribe dan comment ya.
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment