[ TUTORIAL SAP ] Cara membuat screen di SAP

Assalamualaikum Wr Wb. Kembali dengan saya Afif Nuzia A pada tutorial SAP. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat screen di SAP. Yuk langsung aja disimak Cara membuat screen di SAP. Jangan lupa kunjungi juga :

[ TUTORIAL SAP ] SAP ABAP Programming for beginner Part 5
[ TUTORIAL SAP ] SAP ABAP Programming for beginner Part 4


Langkah yang harus dilakukan adalah buka program Z kalian, disini saya menggunakan ZHELLO, kemudian ketikkan syntax CALL SCREEN 0001. Untuk angka screen terserah kalian ya, yang penting 4 digit, jadi kalau 1 jadi 0001, 2 jadi 0002 dan begitu seterusnya. Kalau 100 ya 0100. Oke sudah mengerti kan? Save / Ctrl + S.



Kemudian kalian dobel klik di nomor screennya. Karena saya buat 0001, maka 0001 yang saya dobel klik. Akan muncul window konfirmasi bahwa screen belum dibuat. Lihat gambar



Disitu kalian tekan Yes. Kemudian akan muncul window seperti gambar berikut.


Kalian isi pada kolom Short Description. Misal kita beri keterangan Screen Painter 1. Lalu Save dan Activate. Lihat gambar.



Setelah kalian save dan activate, coba run program kalian. Pasti tidak terjadi apa-apa atau blank. Nah sebelum kalian run, kembali ke screen kalian, klik pada  layout, maka kalian akan menuju screen painter. Lihat gambar.


Nah disini kalian bisa membuat screen sesuai keinginan kalian, semisal saya mau buat Box dan didalamnya ada inputan atau selection fieldnya. Maka kalian tinggal klik menu box pada menu painter yang sebelah kiri kemudian kalian tarik sesuai keinginan kalian.


Setelah itu, kita tambahkan inputan nya dengan meng klik input/output field pada menu panter sebelah kiri, dan drag sesuai keinginan. Disini saya mau membuat 2 inputan field. Jangan lupa, beri variabel screen kalian pada kolom name. Lihat gambar.


Setelah itu save dan activate. Kemudian run program kalian. Jika tidak muncul error, kalian close screen painter kalian dan coba jalan kan. Maka hasilnya akan seperti ini.


Oke selamat kalian sudah membuat screen pertama kalian. Hal selanjutnya adalah kalian harus menambahkan PF-STATUS untuk screen kalian. Apa itu PF-STATUS, akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, semoga apa yang saya posting bisa membantu kalian semua. Sampai bertemu dipostingan selanjutnya. Keep spirit Keep smile Keep Trying and Keep pray. Assalamualaikum Wr Wb.
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment