[ TUTORIAL SAP ] SAP ABAP Programming for beginner Part 3

Assalamualaikum Wr. Wb. Sudah 2 hari sejak saya posting masalah SAP Abaper. hehehe. Kali ini saya akan meneruskan untuk kembali memposting tentang tutorial SAP Abap. Kali ini saya akan membuat tutorial menampilkan "Hello World" pada SAP menggunakan abap editor. Ok deh langsung saja guys.

  • Silahkan kalian login ke client development kalian. 
  • Kalian ketikkan tcode se38 (Lihat gambar dibawah)
  • Setelah masuk ke abap editor, kalian buat nama program yang akan kalian buat. Awali nama program kalian dengan "z", atau "y". Agar tidak crash dengan program bawaan SAP.
  • Contoh disini saya menggunakan nama ztest_mri32, kemudian klik Create. Perhatikan gambar.
  • Setelah klik create, maka akan muncul dialog box, isikan judul program pada kolom Title, lalu pada field attribute type pilih executable program kemudian save. (Perhatikan gambar)
  • Setelah klik save, maka akan muncul dialog box selanjutnya,untuk menentukan package untuk program kita. Karena kita program baru, kita simpan pada local object. (Perhatikan gambar).
  • Nah sampai sini, kita sudah membuat program di SAP. Selanjutnya kita langsung membuat koding untuk menampilkan "hello World". 
Lihat gambar dibawah.
Penjelasan

  1. Nama program atau nama report yang kita buat. (No standard page heading) hanya penambahan koding. Tidak menggunakan itu juga boleh.
  2. Penjelasan untuk deklarasi variabel. Misalkan disini saya mendeklarasikan variabel v_hello denga tipe char15. Yaitu variabel dengan panjang karakter 15.
  3. Penjelasan untuk mengisi variabel. Disini saya mengisi variabel v_hello dengan isi "Hello World".
  4. Penjelasan untuk menampilkan isi dari variabel. Sama dengan dipemrograman yang lain. Bila di php itu echo, java system.print dll.

Setelah selesai activate report yang sudah dibuat dengan mengklik tombol pensil di toolbar. Bila tidak ada yang error maka akan keluar message "object activated". (Lihat Gambar)

Setelah activated, execute. (F8).
Selesai report pertama kita. Demikian untuk report pertama kita. Jumpa lagi untuk report yang kedua. Assalamualaikum Wr. Wb
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Afif Nuzia A
admin
September 9, 2016 at 2:44 PM ×

Thumb Up

Congrats bro Afif Nuzia A you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment