Membuat Piramida dengan Basic4GL

Assalamualikum sobat posta, kali ini aku mau sharing cara membuat pyramid menggunakan basic4GL. Yang berminat silahkan disimak yaa :

1. Buka aplikasi basic4GL kalian

2. Copas source kodenya

3. Running programnya


Saar dirunning hasilnya seperti ini :




source kodenya :

dim angle#
dim tex1,tex2,tex3,tex4

    tex1 = LoadMipmapTexture ("1.jpg") 'untuk mengambil foto biar segitiga da gambarnya
    tex2 = LoadMipmapTexture ("2.jpg")
    tex3 = LoadMipmapTexture ("3.jpg")

 'glactivetexture(gl_texture0)
    glEnable (GL_TEXTURE_2D)  
    'Turn lighting on with this command:
    glEnable(GL_LIGHTING)

    'Turn on Light #0 with this command
    glEnable(GL_LIGHT0)

    'Set position of Light #0 with this command
    glLightfv(GL_LIGHT0, GL_POSITION, Vec3(0, 0, 1))

    'Set the ambience of the light with this
    glLightfv(GL_LIGHT0, GL_AMBIENT, vec4(.2,.2,.2,1))

    'Set the diffuse of the light with this
    glLightfv(GL_LIGHT0, GL_DIFFUSE, vec4(1, 1, 1, 1))
    glbindtexture(gl_texture_2d, tex1)
    'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
    'glactivetexture(gl_texture1)
    'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
    'glbindtexture(gl_texture_2d, tex2)
    'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
    'glactivetexture(gl_texture2)
    'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
    'glbindtexture(gl_texture_2d, tex3)
    'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
    'glactivetexture(gl_texture3)
    'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
while true
    glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT or GL_DEPTH_BUFFER_BIT)
    glLoadIdentity ()
    glTranslatef (0, 0, -4) 'ukuran besar kecilnya segitiga
    glRotatef (angle#, 0, 1, 0) 'mengatur gerakan dari segitiga
     glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex1)          'segitiga depan    
            glBegin(GL_QUADS)
            ' Front face
            glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
            glTexCoord2f(3.0, 0.0): glVertex3f (1, -1, -1)
            glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f ( -1,-1, -1)
glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()
       glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex2)                  'segitiga kanan
            glBegin(GL_QUADS)
            ' Front face
            glTexCoord2f(1.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
            glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f (0, -1, 1)
            glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f (1, -1, -1)
glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()
       glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex3)                  'segitiga kiri
            glBegin(GL_QUADS)
            ' Front face
             glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
              glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( -1,-1, -1)
             glTexCoord2f(1.0, 0.0): glVertex3f (0, -1, 1)
glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()  
    SwapBuffers ()
    angle# = angle# + -0.1 'kecepatan dari rotasi yang di hasilkan
wend


Silahkan berkreasi sobat, jangan mudah menyerah. Jangan takut mencoba hal baru
Yoroshiku !!! ^^
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment