1. Buka aplikasi basic4GL kalian
2. Copas source kodenya
3. Running programnya
Saar dirunning hasilnya seperti ini :
source kodenya :
dim angle#
dim tex1,tex2,tex3,tex4
tex1 = LoadMipmapTexture ("1.jpg") 'untuk mengambil foto biar segitiga da gambarnya
tex2 = LoadMipmapTexture ("2.jpg")
tex3 = LoadMipmapTexture ("3.jpg")
'glactivetexture(gl_texture0)
glEnable (GL_TEXTURE_2D)
'Turn lighting on with this command:
glEnable(GL_LIGHTING)
'Turn on Light #0 with this command
glEnable(GL_LIGHT0)
'Set position of Light #0 with this command
glLightfv(GL_LIGHT0, GL_POSITION, Vec3(0, 0, 1))
'Set the ambience of the light with this
glLightfv(GL_LIGHT0, GL_AMBIENT, vec4(.2,.2,.2,1))
'Set the diffuse of the light with this
glLightfv(GL_LIGHT0, GL_DIFFUSE, vec4(1, 1, 1, 1))
glbindtexture(gl_texture_2d, tex1)
'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
'glactivetexture(gl_texture1)
'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
'glbindtexture(gl_texture_2d, tex2)
'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
'glactivetexture(gl_texture2)
'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
'glbindtexture(gl_texture_2d, tex3)
'glTexEnvi (GL_TEXTURE_ENV, GL_TEXTURE_ENV_MODE, GL_REPLACE)
'glactivetexture(gl_texture3)
'glEnable (GL_TEXTURE_2D)
while true
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT or GL_DEPTH_BUFFER_BIT)
glLoadIdentity ()
glTranslatef (0, 0, -4) 'ukuran besar kecilnya segitiga
glRotatef (angle#, 0, 1, 0) 'mengatur gerakan dari segitiga
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex1) 'segitiga depan
glBegin(GL_QUADS)
' Front face
glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glTexCoord2f(3.0, 0.0): glVertex3f (1, -1, -1)
glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f ( -1,-1, -1)
glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex2) 'segitiga kanan
glBegin(GL_QUADS)
' Front face
glTexCoord2f(1.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f (0, -1, 1)
glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f (1, -1, -1)
glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, tex3) 'segitiga kiri
glBegin(GL_QUADS)
' Front face
glTexCoord2f(0.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glTexCoord2f(0.0, 0.0): glVertex3f ( -1,-1, -1)
glTexCoord2f(1.0, 0.0): glVertex3f (0, -1, 1)
glTexCoord2f(1.0, 1.0): glVertex3f ( 0, 1, 0)
glend()
SwapBuffers ()
angle# = angle# + -0.1 'kecepatan dari rotasi yang di hasilkan
wend
Silahkan berkreasi sobat, jangan mudah menyerah. Jangan takut mencoba hal baru
Yoroshiku !!! ^^
Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :
1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon