Membuat Objek Bola

Assalamualaikum sobat posta, kali ini aku mau sharing Cara membuat bola menggunakan basic4GL. Yaaa bentuknya memang bulat, tapi hanya sekedar bulat saja, karena tak bisa load texture bolanya. Oke deh, langsung aja disimak yaa :

1. Buka aplikasi basic4GL kalian

2. Copas kode dibawah di kotak editor basic4GL kalian

3. Running programnya


source kodenya :

dim x1#(1),y1#,z1#(1),x2#(1),y2#,z2#(1)
  dim tex1,tex2,tex3,tex4
  dim angle#
    dim sd#(3)
    dim i#,j#    
    dim n#,n2# 
    dim xx#(1),yy#(1)
    dim texture(3)
    dim r#,rk#(1)     
    dim rkk#(1)
dim phi#
phi#=3.14

 gosub main
Bola:
  n# = 30        
    n2#=n#/2  
    glBegin(GL_quads)
     for i#=0 to n#-1
      for j# = 0 to n#-1 

         rk#(0)=r#*Cos(-(PHI#/2)+i#/n2#*PHI#/2)
         rk#(1)=r#*Cos(-(PHI#/2)+(i#+1)/n2#*PHI#/2)

         y1#= r#*sin(-(PHI#/2)+i#/n2#*PHI#/2)
         y2#= r#*sin(-(PHI#/2)+(i#+1)/n2#*PHI#/2)

         x1#(0)= rk#(0)*sin(j#/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         x1#(1)= rk#(0)*sin((j#+1)/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         x2#(0)= rk#(1)*sin(j#/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         x2#(1)= rk#(1)*sin((j#+1)/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         z1#(0)= rk#(0)*cos(j#/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         z1#(1)= rk#(0)*cos((j#+1)/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         z2#(0)= rk#(1)*cos(j#/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)
         z2#(1)= rk#(1)*cos((j#+1)/n2#*PHI#)          'theta/(2*phi)

     
         glTexCoord2f(xx#(0), yy#(0))              'koordinat penempatan tekstur bola(x,y)
         glVertex3f( x1#(0), y1#,z1#(0))          'p(0,y)=(rsin0,y,rcos0)        
         glTexCoord2f(xx#(1), yy#(0))              'koordinat penempatan tekstur(x,y)
         glVertex3f(x1#(1),y1#,z1#(1))                  
         glTexCoord2f(xx#(1), yy#(1))              'koordinat penempatan tekstur(x,y)
         glVertex3f( x2#(1), y2#,z2#(1))                  
         glTexCoord2f(xx#(0), yy#(1))              'koordinat penempatan tekstur(x,y)
         glVertex3f(x2#(0),y2#,z2#(0))                  
      next
     next
    glEnd()
    Return
main:

  
    texture(0)= loadtexture("sun.jpg")
    glEnable (GL_TEXTURE_2D)
 

    while true                

        glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT or GL_DEPTH_BUFFER_BIT )    ' Clear The Screen And The Depth Buffer
        glLoadIdentity() 
                                                      ' Reset The View
        glTranslatef(0,0,-3)         
        glrotatef(sd#(0),0,10,0)      
      glRotatef (angle#, 0, 1, 0)

 r#=.5                                        'Setting bolA
        glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture(0))        
        gosub bola

        glpushmatrix()                                'orbit
     


      
        sd#(0)=Sd#(0)+1                  
        sd#(1)=Sd#(1)+5 
        sd#(2)=Sd#(2)+10  
        sd#(3)=sd#(3)+15

        SwapBuffers ()
angle# = angle# + 0.1
    wend

hasil penampakannya :



Sumber referensi
http://zona-artikelbagus.blogspot.com/2013/01/program-bola-dengan-basic-4gl.html
Previous
Next Post »

Tata Cara Berkomentar yang Baik dan Benar :

1. Gunakan Bahasa yang Sopan.
2. Biasakanlah berkomentar sebelum meninggalkan.
3. Usahakan jangan menggunakan anonymous
4. Saya sangat berterima kasih atas komentar yang kalian berikan
5. Admin selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk para pengunjung ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment